Contoh Program Tahunan Untuk Guru Kelas Satuan SD, SMP & SMA
Assalamualaikum dan salam sejahtera Untuk kita semua.
Program Tahunan :
bagi para guru menyusun sebuah "Program Tahunan dan Program Semester" Sangatlah penting, karna sebelum membuat sebuah program semester kita wajib membuat program tahunan dulu.
Apa itu Program Tahunan ( PROTA ) dan Program Semester ??
Program Tahunan adalah rencana penetapan alokasi waktu selama satu tahun untuk mencapai tujuan Standar Kompetensi Dan Kompetensi Dasar yg telah di tetapkan. Sedangkan Program Semester adalah program yg harus dicapai selama satu semester, selama satu semester ini atau selama periode ini para siswa diharapkan mampu menguasai pengetahuan, sikap dan keterampilan sebagai satu kesatuan utuh.
Sesuai dengan judul di atas sy akan memberikan contoh Program Tahunan & Program Semester bagi para calon guru, maupun yg baru menjadi guru (tdk bermaksud menggurui, hehe :D )
Ok langsung sj, berikut contoh Program Tahunan dan Program Semester tiap mata pelajaran.
Program Tahunan :
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2016 /
2017
MATA PELAJARAN : Pendidikan
Kewarganegaraan
KELAS / SEMESTER : VI / II
NO
|
BULAN
|
KEGIATAN
|
JAM
PELAJARAN
|
KETR.
|
1
|
Januari
|
Membahas KD 3.1
- Menjelaskan
pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara
|
9
|
3, 10, 17
|
Ulangan Harian I
|
3
|
24
|
||
Membahas KD 3.2
- Memberikan
contoh peranan Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara
|
9
|
31
|
||
2
|
Februari
|
Melanjutkan KD 3.2
|
7,14
|
|
Ulangan Harian II
|
3
|
21
|
||
Membahas KD 4.1
- Menjelaskan
politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif
|
6
|
28
|
||
3
|
Maret
|
Melanjutkan KD 4.1
|
7
|
|
Tengah Semester
|
3
|
14
|
||
Ulangan Harian III
|
3
|
21
|
||
4
|
April
|
Membahas KD 4.2
- Memberikan
contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam peraturan Internasional
|
6
|
4,11
|
Ulangan Harian IV
|
3
|
18
|
||
Remidi
|
3
|
25
|
||
5
|
Mei
|
Cadangan
|
3
|
2
|
Ujian
|
6
|
8,16
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas
............................................. ..............................................
NIP. ..................................... NIP. ......................................
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2016 /
2017
MATA PELAJARAN : Bahasa Indonesia
KELAS / SEMESTER : VI / II
NO
|
BULAN
|
KEGIATAN
|
JAM
PELAJARAN
|
KETR.
|
1
|
Januari
|
Membahas KD 5.1
- Menyimpulkan
isi berita yang didengar dari televisi atau radio
|
5
|
7,9
|
Membahas KD 5.2
- Menceritakan
isi drama pendek yang disampaikan secara lisan
|
5
|
14,16
|
||
Ulangan Harian I
|
2
|
21
|
||
Membahas KD 6.1
- Berpidato
atau presentasi untuk berbagai keprluan (acara perpisahan, perayaan ulang
tahun dll) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
|
6
|
23,30
|
||
2
|
Februari
|
Membahas KD 6.2
- Melaporkan
isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman dan isi) dengan
kalimat yang runtut
|
7
|
4,6,11
|
Ulangan Harian II
|
3
|
13
|
||
Membahas KD 6.3
- Membaca
puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
7
|
18, 20, 25
|
||
Ulangan Harian III
|
3
|
27
|
||
3
|
Maret
|
Membahas KD 7.1
- Menentukan
makna tersirat dari suatu teks melalui membaca insentif
|
7
|
4, 6, 11
|
Tengah Semester
|
5
|
13, 18
|
||
Membahas KD 7.2
- Mengidentifikasikan
berbagai unsur-unsur (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita dan amanat) dan
teks drama anak
|
5
|
20, 25
|
||
Ulangan Harian IV
|
3
|
27
|
||
4
|
April
|
Membahas KD 8.1
- Menyusun
naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah dll) dengan
bahasa yang baik dan benar serta memperhatikan penggunaan ejaan
|
7
|
1, 3, 8
|
Ulangan Harian V
|
3
|
10
|
||
Membahas KD 8.2
- Menulis
surat resmi dengan memprhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
|
5
|
15, 17
|
||
Ulangan Harian VI
|
2
|
22
|
||
Remidi
|
4
|
29
|
||
5
|
Mei
|
Melanjutkan remidi
|
6
|
|
Cadangan
|
5
|
8, 13
|
||
Ujian
|
13
|
15
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas
............................................. ..............................................
NIP. ..................................... NIP. ......................................
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2016 /
2017
MATA PELAJARAN : Matematika
KELAS / SEMESTER : VI / II
NO
|
BULAN
|
KEGIATAN
|
JAM
PELAJARAN
|
KETR.
|
1
|
Januari
|
Membahas KD 5.1
- Menyederhanakan
dan mengurutkan pecahan
|
5
|
4, 6
|
Membahas KD 5.2
- Mengubah
bentuk pecahan ke bentuk desimal
|
5
|
11, 13
|
||
Ulangan Harian I
|
3
|
18
|
||
Membahas KD 5.3
- Menentukan
nilai pecahan dari suatu bilangan atau jumlah tertentu
|
5
|
20, 25
|
||
Membahas KD 5.4
- Melakukan
pengerjaan hitungan yang melibatkan berbagai bentuk pecahan
|
5
|
27
|
||
2
|
Februari
|
Melanjutkan KD 5.4
|
1
|
|
Ulangan Harian II
|
2
|
3
|
||
Membahas KD 5.5
- Memecahkan
masalah perbandingan dan skala
|
5
|
8, 10
|
||
Ulangan Harian III
|
3
|
15
|
||
Membahas KD 6.1
- Membuat
denah letak benda
|
5
|
17, 22
|
||
Membahas KD 6.2
- Mmengenal
koordinat posisi sebuah benda
|
5
|
24
|
||
3
|
Maret
|
Melanjutkan KD 6.2
|
1
|
|
Membahas KD 6.3
- Menentukan
posisi titik dalam sistem koordinat kartesius
|
5
|
3, 8
|
||
Ulangan Harian IV
|
2
|
10
|
||
Tengah Semester
|
5
|
15, 17
|
||
Membahas KD 7.1
- Menyajikan
data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang, dan lingkaran
|
5
|
22, 24
|
||
Membahas KD 7.2
- Menentukan
rata-rata hitungan dan modus sekumpulan data
|
5
|
29,31
|
||
4
|
April
|
Ulangan Harian V
|
3
|
5
|
Membahas KD 7.3
- Mengurutkan
data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah
|
5
|
7, 12
|
||
Membahas KD 7.4
- Menafsirkan
hasil pengolahan data
|
5
|
19, 21
|
||
Ulangan Harian VI
|
3
|
26
|
||
Remidi
|
5
|
28
|
||
5
|
Mei
|
Melanjutkan remidi
|
3
|
|
Cadangan
|
5
|
5, 10
|
||
Ujian
|
3
|
17
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas
............................................. ..............................................
NIP. ..................................... NIP. ......................................
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2016 /
2017
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan Alam
(IPA)
KELAS / SEMESTER : VI / II
NO
|
BULAN
|
KEGIATAN
|
JAM
PELAJARAN
|
KETR.
|
1
|
Januari
|
Membahas KD 7.1
- Melakukan
percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat
jungkit, ketapel/model traktor sederhana, energi pegas)
|
6
|
4, 9, 11
|
Ulangan Harian I
|
2
|
16
|
||
Membahas KD 7.2
- Menyajikan
informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
|
6
|
18, 23, 25
|
||
Ulangan Harian II
|
2
|
30
|
||
2
|
Februari
|
Membahas KD 8.1
- Mengidentifikasi
penggunaan energi listrik dan berpatisipasi dalam penghematannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
6
|
1, 6, 8
|
Membahas KD 8.2
- Membuat
satuan karya atau model yang menggunakan energi listrik (bel listrik,
alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/ mobil-mobilan/ model penerangan
rumah)
|
4
|
13, 15
|
||
Ulangan Harian III
|
2
|
20
|
||
Membahas KD 9.1
- Mendeskripsikan
sistem tata surya dan posisi penyusunan tata surya
|
6
|
22, 27
|
||
3
|
Maret
|
Melanjutkan KD 9.1
|
1
|
|
Ulangan Harian IV
|
2
|
6
|
||
Membahas KD 9.2
- Mendeskripsikan
peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
|
6
|
8
|
||
Tengah Semester
|
4
|
13, 15
|
||
Membahas KD 9.3
- Menjelaskan
terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari
|
6
|
29
|
||
4
|
April
|
Melanjutkan KD 9.3
|
3, 5
|
|
Ulangan Harian V
|
2
|
10
|
||
Membahas KD 9.4
- Menjelaskan
perhitungan kalender masehi dan kalender hijriah
|
6
|
12, 17, 19
|
||
Ulangan Harian VI
|
||||
5
|
Mei
|
Remidi
|
4
|
3, 8
|
Cadangan
|
2
|
10
|
||
Ujian
|
2
|
15
|
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas
............................................. ..............................................
NIP. ..................................... NIP. ......................................
PROGRAM TAHUNAN
TAHUN PELAJARAN 2016 /
2017
MATA PELAJARAN : Ilmu Pengetahuan
Sosial (IPS)
KELAS / SEMESTER : VI / II
NO
|
BULAN
|
KEGIATAN
|
JAM
PELAJARAN
|
KETR.
|
1
|
Januari
|
Membahas KD 2.1
- Mendeskripsikan
gejala (peristiwa) alam yang terjadidi Indonesia dan negara tetangga
|
9
|
5, 12, 19
|
Ulangan Harian I
|
3
|
26
|
||
2
|
Februari
|
Membahas KD 2.2
- Mengenal
cara-cara menghadapi bencana alam
|
9
|
2, 9, 16
|
Ulangan Harian II
|
9
|
23
|
||
3
|
Maret
|
Membahas KD 3.1
- Menjelaskan
peranan Indonesia pada era globalisasi dan dampak positif dan negatifnya
terhadap kehidupan bangsa Indonesia
|
6
|
2, 9
|
Tengah Semester
|
3
|
16
|
||
Ulangan Harian III
|
3
|
23
|
||
Membahas KD 3.2
- Mengenal
manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa
|
9
|
30
|
||
4
|
April
|
Melanjutkan KD 3.2
|
6, 13
|
|
Ulangan Harian IV
|
3
|
20
|
||
Remidi
|
3
|
27
|
||
5
|
Mei
|
Cadangan
|
3
|
4
|
Ujian
|
Menyesuaikan
|
|||
Mengetahui,
Kepala
Sekolah, Guru
Kelas
............................................. ..............................................
NIP. ..................................... NIP. ......................................
Keterangan di kolom diisi dengan tanggal pelajar atau tanggal pembahasan setiap KD. Oh ya, Program Semesternya belakangan, Karna belum selesai sy kerjakan. :)
Hanya ini yg bisa sy sampaikan, jika postingan ini bermanfaat silahkan di share dan jika teman-teman mau filenya silahkan berkomentar !
terimakasih !!
terimakasih !!
Comments
Post a Comment